Dasar-Dasar Komunikasi Kantor
Dasar-Dasar Komunikasi Kantor
Pengertian Komunikasi
Komunikasi merupakan hal yang sangat
penting dalam berinteraksi dengan orang lain, tanpa komunikasi mustahil ada
respon dari orang lain. Komunikasi membuat seseorang dapat mengembangkan
keterampilan berbicara untuk dapat bersosialisasi dilingkungan tempat kerja,
rumah, bahkan sampai di masyarakat.
Dengan komunikasi yang santun, budi
bahasa yang baik, senyum yang ikhlas, ramah dan sopan, juga ringan dalam
mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf, akan mewujudkan rasa saling
menghormati dan kerja sama yang semakin erat, sehingga meningkatkan
produktifitas kerja karyawan yang dibutuhkan oleh organisasi/perusahaan.
Istilah komunikasi berasal dari
bahasa latin, yaitu communicare yang berarti memberitahukan. Beberapa
pengertian komunikasi menurut beberapa ahli, antara lain sebagai berikut.
- Menurut Mc. Farland, komunikasi adalah proses interaksi atau hubungan saling pengertian satu sama lain antara manusia.
- Menurut Keith Davis dalam bukunya Human Relation at Work, komunikasi adalah proses jalur informasi dan pengertian dari seseorang dari seseorang ke orang lain.
- Menurut Dr. Phil Astrid Susanto dalam bukunya komunikasi dalam Teori dan Praktek, komunikasi adalah proses pengoperan lambang-lambang yang mengandung arti.
- Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan antara dua orang atau lebih, sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Komunikasi dapat pula berarti hubungan atau kontak.
- Dalam Ensiklopedia Administrasi, komunikasi adalah suatu proses penyampaian ide dari sumber berita ke suatu tempat tujuan.
- Dalam Kamus Administrasi Perkantoran, komunikasi adalah penyampaian warta yang mengandung bermacam-macam keterangan dari seseorang kepada orang lain.
Berdasarkan beberapa pengertian komunikasi diatas, dapat
ditarik kesimpulan bahwa komunikasi adalah suatu proses
kegiatan penyampaian warta/pesa/berita yang mengandung arti dari satu pihak ke
pihak lain dalam usaha mendapatkan saling pengertian.
Sumber
Unsur-Unsur Komunikasi
Komunikasi merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan
oleh manusia, dimanapun, kapanpun, dan siapapun akan melakukan kegiatan ini,
baik dikantor, disekolah, atau dimana saja setiap orang harus dapat
bersosialiassi dengan lingkungannya. Salah satu cara menyesuaikan diri adalah
dengan berkomunikasi, baik secara verbal maupun non verbal.
Komunikasi yang buruk akan menghambat individu untuk
menyampaikan ide (baca Foktor-faktor penghambat komunikasi) , sedangkan komunikasi
yang lancar sebaliknya akan memperlancar informasi/ide dari satu pihak ke pihak
lain. Berikut ini dijelaskan Unsur-Unsur Komunikasi.
1. Comunicator (penyampai)
Comunicator adalah orang yang menyampaikan informasi/ide
atau pesan. Komunikator dapat berupa perorangan maupun kelopok. Contohnya, Guru
yang memberikan materi pelajaran dikelas.
2. Communicate (pendengar)
Comunicate/komunikan merupakan orang yang menerima/mendengar
pesan/ide dari comunikator/penyampai. Komunikan ini dapat berupa perorangan
atau kelompok. Contoh, siswa yang mendengarkan guru menyampaikan materi.
3. Message (pesan)
Unsur berikutnya adalah pesan/ide atau informasi yang
mengandung arti yang disampaikan oleh komunikator. Pesan dapat berupa
kata-kata, gambar, suara, warna, tulisan, sandi, perasaan, dll. Contoh. Spanduk
iklan, Rambu lalu lintas.
4. Media
Media atau alat penyampai pesan yang berguna untuk
menyampaikan pesan baik secara langsung maupun tidak langsung. Contoh, telepon,
televisi, surat, internet, dll.
5. Feedback (respon)
Unsur terakhir dalam komunikasi adalah tanggapan/respon dari
pihak komunikan/pendengar terhadap pesan yang disampaikan oleh komunikator.
Respon dari komunikan juga beragam diantaranya adalah.
- Zero Feedback, yaitu pesan yang diterima oleh komunikan dari komunikator yang tidak dimengerti oleh komunikan. Biasanya terjadi jika pendengar tidak paham terhadap apa yang disampaikan penyaji.
- Possitive Feedback, adalah respon mengerti dari komunikan kepada komunikator.
- Neutral Feedback, adalah respon yang tidak memihak, artinya pendengar tidak mendukung maupun menentang.
- Negative Feedback, merupakan kebalikan dari neutral feedbak, dimana pendengar memberikan respon yan gmnyudutkan penyaji/komunikator.
Selain lima
unsur diatas ada pula beberapa pendapat yang mamasukkan satu unsur lain yakni barrier
(hambatan), barrier adalah hambatan pada saat melakukan komunikasi.
Sumber:
https://www.anugerahdino.com/2014/05/unsur-unsur-komunikasi.html
0 Response to "Dasar-Dasar Komunikasi Kantor"
Post a Comment