Bekerja Dengan Fungsi Hlookup & Vlookup MS Excel 2013

Adakalanya seorang staff atau pekerja kantoran dihadapkan oleh tugas yang begitu rumit dan membutuhkan waktu yang singkat yang berhubungan dalam hal administrasi, biasanya hal yang dapat menyita waktu yang agak lama berhubungan dengan input data, dalam hal ini MS Office Excel selalu terlibat dalam pekerjaan sehar-hari.
Mungkin bagi sebagian orang yang sudah mahir menggunakan Excel, mengerjakan tugas dari atasan tidak begitu rumit. Namun bagaimana yang belum terlalu mahir. Coba kalian bayangkan tabel dibawah ini.

 


Daftar Pendapatan Karyawan
PT. Kabayan Rooster, TBK







No
Nama
Golongan
Gaji Pokok
Tunjangan
Inventaris
Total Gaji
1
Agus
C



0
2
Ahong
C



0
3
Andri
A



0
4
Arief
A



0
5
Daffa
C



0
6
Denis
B



0
7
Lukman
B



0
8
Ramdhan
C



0
9
Saiful
B



0
10
Samsul
A



0
Total Pengeluaran Gaji Karyawan
0
Tabel 1
Keterangan

Inventaris
Gol
Gaji Pokok
Tunjangan

A
B
C
A
4000000
500000

Ket
Mobil
Motor
Sepeda
B
3500000
250000


Tabel 3


C
3000000
100000





Tabel 2

Itu baru 10 orang bagaimana jikalau 100 orang bahkan ribuan orang, tentu yang dibutuhkan kemahiran disini adalah menggunakan fungsi Vlookup dan Hlookup, lalu apa itu Hlookup dan Vlookup serta bagaimana cara menggunakannya?
Hlookup digunakan untuk melihat sumber data yang bersifat Horizontal (Datar) seperti tabel 3.
Sedangkan Vlookup digunakan untuk melihat sumber data yang bersifat Verikal (atas bawah) tabel 2.
Ok langsung saja tak perlu lama-lama, tapi sebelum itu download dulu file latihannya setelah itu ikuti instruksi dibawah ini step by step.
Note agar lebih mudah
CELL = Pertemuan antara Kolom dan baris dalam excel, misal Cell A1( Kolom A Baris ke 1)

Download File Latihan Pendukung.
 berikut langkahnya:


1.       Sort&Filter Cell I6-I8 (sort A To Z) lalu pilih Expand The Selection OK
2.       Blok I6-K8 setelah itu Klik kanan Pilih Definie Name, kasih nama hasil blok sesuka anda misal saya pakai TABELGAJI, tapi ingat jangan pakai spasi)
3.       Sort&Filter Cell N5-P5 (sort A To Z) lalu pilih Expand The Selection OK
4.       Blok I6-K8 setelah itu Klik kanan Pilih Definie Name, kasih nama hasil blok sesuka anda misal TABELINVENTARISingat jangan pakai spasi). Sampai sejauh ini keterangansudah kita kunci ya...
5.       Untuk mengisi Tabel Gaji pokok, arahkan cursor ke Cell D5 lalu ketik=VLOOKUP(C5;TABELGAJI;2) Enter. Taraaaaa selamat sekarang anda tinggal sort ke bawah... jadi dah
6.       Untuk mengisi Kolom tunjangan, arahkan cursor ke Cell E5 lalu ketik rumus =VLOOKUP(C5;TABELGAJI;3)MANTAAAP...
7.       Untuk mengisi kolom inventaris, arahkan cursor ke F5 lalu ketik =HLOOKUP(C5;TABELINVENTARIS;2) OK... Tinggal sort ke bawah... Luar BIASAAA.....
8.       Untuk mengisi Total gaji, arahkan cursor ke Cell G5 n ketik rumus =SUM(D5:E5)SORT G5-G14. BERHASIL...
Daftar Pendapatan Karyawan
PT. Kabayan Rooster, TBK







No
Nama
Golongan
Gaji Pokok
Tunjangan
Inventaris
Total Gaji
1
Agus
C
3000000
100000
Sepeda
3100000
2
Ahong
C
3000000
100000

3100000
3
Andri
A
4000000
500000

4500000
4
Arief
A
4000000
500000

4500000
5
Daffa
C
3000000
100000

3100000
6
Denis
B
3500000
250000

3750000
7
Lukman
B
3500000
250000

3750000
8
Ramdhan
C
3000000
100000

3100000
9
Saiful
B
3500000
250000

3750000
10
Samsul
A
4000000
500000

4500000
Total Pengeluaran Gaji Karyawan
37150000

Selamat Berlatih
 

 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bekerja Dengan Fungsi Hlookup & Vlookup MS Excel 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel